Pandu Digital
  • Beranda
  • Tentang Pandu Digital
  • Kegiatan Pandu Digital
  • Blog/Artikel
Masuk
Daftar
Kegiatan

Melesat di Era Digital: K3PD Bisnis Digital Bekali Peserta Kuasai Konten Kreatif dan Landing Page untuk Dominasi Pasar

Sabtu, 7 Juni 2025
Diposting oleh : Admin Konten Website
Teknologi

Jakarta - Di tengah geliat ekonomi digital yang semakin pesat, kemampuan membangun merek yang kuat dan menjalankan strategi pemasaran digital yang efektif menjadi kunci utama keberhasilan. Menjawab tantangan tersebut, program Kelas Keahlian dan Kompetensi Pemberdayaan Pandu Digital (K3PD) Kelas Bisnis Digital kembali menghadirkan pelatihan intensif yang sangat relevan: Content Creation and Landing Page. Kegiatan ini tidak hanya menawarkan wawasan strategis, tetapi juga keterampilan teknis yang krusial untuk membangun kehadiran digital yang kuat dan efektif serta menaklukkan ragam saluran pemasaran digital.

 

Pelatihan yang berlangsung dinamis selama 2 (dua) sesi pertemuan di minggu kelima program ini menekankan pentingnya konten kreatif dan laman landas (landing page) sebagai saluran vital dalam membangun brand awareness dan mengkonversi audiens menjadi pelanggan setia. Para peserta diajak menyelami seluk-beluk pemasaran digital modern, tidak hanya dari sisi teknis, tetapi juga dari pemahaman strategis yang mendalam.

 

Materi pelatihan disajikan secara komprehensif dan aplikatif didampingi oleh Agus Andira (Pandu Digital Utama) sekaligus Koordinator Kurikulum dan Pengembangan K3PD dengan latar belakang Praktisi Bisnis, Pendidikan dan Literasi Digital, peserta memulai perjalanan belajar dengan memahami perjalanan konsumen (consumer journey) secara detail, yang menjadi dasar untuk memetakan pembuatan konten yang relevan dan tepat sasaran. Setelah memahami target audiens, peserta dibimbing untuk memetakan pembuatan konten yang efektif. Materi ini menekankan bagaimana ide konten relevan diubah menjadi format yang menarik sebagai saluran utama membangun branding dan pemasaran produk sesuai dengan platform digital yang digunakan.

 

Salah satu sorotan utama adalah sesi copywriting, di mana peserta dilatih untuk merangkai kata-kata yang tidak hanya persuasif, tetapi juga mendorong tindakan. Dengan pendekatan perkembangan teknologi AI, pelatihan ini memperkenalkan penggunaan Generative AI seperti ChatGPT untuk menghasilkan headline dan hook yang memikat dalam hitungan detik. Teknologi ini memungkinkan peserta untuk meningkatkan efisiensi kreatif tanpa mengorbankan sentuhan personal yang esensial dalam pemasaran.

 

Tidak berhenti di situ, aspek strategis pelatihan ini semakin diperkaya dengan penguatan taktik pemasaran cerdas melalui pendekatan Social Proof, Urgency, dan Scarcity ke dalam strategi copywriting. Peserta diajarkan cara memanfaatkan bukti sosial (social proof) untuk membangun kepercayaan, menciptakan rasa urgensi (urgency) agar konsumen bertindak cepat, serta memanfaatkan taktik kelangkaan (scarcity) untuk meningkatkan daya tarik produk. Kombinasi strategi dan keterampilan teknis ini menjadikan pelatihan ini sangat relevan dalam menghadapi dinamika pemasaran digital saat ini. Puncak dari rangkaian materi adalah sesi praktis mempelajari pemetaan dan membangun landing page yang efektif, mulai dari struktur, desain hingga elemen-elemen krusial seperti Call to Action (CTA) dan Social Proof yang harus ada untuk menarik perhatian, meningkatkan brand awareness, mempertahankan minat, dan mengubah pengunjung menjadi pelanggan untuk mencapai tujuan pemasaran. 

 

Kesan dan tanggapan peserta menjadi bukti nyata dampak pelatihan ini. "Pelatihan ini benar-benar membuka wawasan saya. Setelah mengikuti dua sesi pertemuan mengenai materi Content Creation and Landing Page, saya mendapatkan banyak wawasan baru yang sangat bermanfaat, khususnya dalam hal membangun strategi pemasaran digital yang lebih efektif. Materi disampaikan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami, meskipun sebelumnya saya belum terlalu familiar. Secara keseluruhan pelatihan ini sangat relevan dengan perkembangan dunia digital marketing saat ini. Materi juga disampaikan dengan sangat aplikatif dan bisa langsung diimplementasikan, baik dalam proyek pribadi maupun dalam konteks bisnis. Saya juga menjadi lebih termotivasi untuk mencoba membuat konten dan landing page sendiri sebagai bagian dari latihan dan pengembangan kemampuan,” ujar Dela MD, mahasiswi Politeknik PGRI Banten. 

 

Senada dengan Dela, Ja’far S, mahasiswa Politeknik PGRI Banten mengungkapkan kesan dan rasa bahagianya, “ Alhamdulillah,saya senang bisa mendapatkan ilmu yang baru, yang belum saya dapatkan dibangku perkuliahan. Kita tidak hanya diajarkan ‘bagaimana caranya’, tetapi juga ‘mengapa’ di balik setiap strategi. Integrasi antara pemahaman konsumen, pembuatan konten yang strategis, hingga teknis landing page.”

 

Kegiatan pelatihan Content Creation and Landing Page ini merupakan bagian integral K3PD Bisnis Digital sebagai salah satu wujud nyata peran penting Pandu Digital Indonesia dan membuktikan bahwa di tengah dinamika dunia digital, keterampilan strategis dan teknis adalah kunci untuk tetap relevan. Melalui berbagai program pemberdayaan, Pandu Digital Indonesia berkomitmen untuk menjembatani kesenjangan digital dan meningkatkan literasi digital di berbagai lapisan masyarakat. Bagi sektor bisnis, hadirnya Pandu Digital Indonesia memberikan akses terhadap pengetahuan dan keterampilan digital yang esensial untuk bertransformasi dan berkembang di era digital. Sementara bagi masyarakat luas, program-program Pandu Digital Indonesia membuka peluang baru, meningkatkan daya saing, dan mendorong terciptanya ekosistem digital yang inklusif dan produktif. (aa)

Blog / Artikel Lainnya

Lihat Semua Blog/Artikel

Copyright 2025 Kementerian Komunikasi dan Digital